BLACK GARLIC (BAWANG HITAM ) dari Bawang Putih

"MAGIC BLACK GARLIC" adalah bawang putih yang telah di proses secara alamiah pada suhu tertentu dalam wawtu yang lama dan cukup panjang sehingga menghasilkan kandungan dan formulasi kimiawi baru ,dengan efek farmakologis yang baru itu menjadikan BLACK GARLIC sebagai salah satu bahan herbal yang sagat di butuhkan sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan ,stamina ,dan vitalitas tubuh.

BLACK GARLIC (BAWANG HITAM )HERBAL AJAIB YANG LANGKA,Telah dipakai ribuan tahun oleh bangsa china,jepang dan korea sebagai suplemen kesehatan dan obat untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis DENGAN KHASIAT 20 X LIPAT DIBANDING DENGAN HERBAL LAINNYA DENGAN KEMAMPUAN 4 X LIPAT DENGAN BAWANG PUTIH BIASA,yang sebagai SUPLEMEN KESEHATAN DAN OBAT YANG INSYA ALLOH UNTUK MEMBANTU MENYEMBUHKAN BERBAGAI JENIS PENYAKIT KRONIS

Black Garlic (Bawang Putih Hitam) adalah Hasil fermentasi bawang putih melibatkan suhu yang tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan isi yang hitam. Rasa nya sedikit manis, bertekstur lembut, gurih dan terasa kenyal. popularitas Hitam bawang putih telah menyebar ke Amerika Serikat karena telah menjadi bahan dicari yang digunakan dalam masakan high-end.

Melihat bawang putih adalah bahan NO 1 anti kanker, maka BLACK GARLIC yang mempunyai kelebihan 10 KALI LIPAT dari khasiat bawang putih biasa. Begitu juga dengan penyakit lain, dimana khasiat 10 kali lipat dalam BLACK GARLIC juga sangat berguna untuk:

Mengobati Kolestrol, Tekanan darah tinggi,Tumor,Kanker,Myom
Awet muda, mempercantik kulit, membersihkan darah
Mengobati penyakit yang berkaitan dengan paru paru seperti asma, batuk, sesak nafas.
Mencegah Stroke/Serangan Jantung
Memperbaiki sistem pencernaan, dengan detoksifikasi
Meringankan penyakit Parkinson
Membantu penderita Diabetes dengan mengkawal glukosa dalam darah dan meningkatkan insulin
Berfungsi membuang logam berat dalam badan seperti merkuri
Mencegah Alzheimer
Memperbaiki Sel Hati
Melegakan sakit-sakit Sendi/ Artritis
Membantu Menyehatkan Badan, dan masih banyak lagi

Black Garlic memiliki antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa.
Sebagian orang meyakini bahwa Black Garlic atau Bawang Hitam mengandung S-allycysteine, yaitu suatu senyawa yang tengah diperbincangkan sebagai komponen alami yang telah dibuktikan bisa mencegah timbulnya penyakit kanker

 BLACK GARLIC juga sangat efektif sebagai pembersih darah dan sebagai anti toxin, gatal-gatal,alergi ,anti radikal bebas,anti virus,kuman jamur dan bakteri,anti aging,anti oksidant .dan membantu proses regenerasi sel dan pembentukan HB Darah,Trombosit, sehingga mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang rusak akibat luka pasca operasi,infeksi,dan peradangan.

Dalam “Medicinal and Aromatic Plant Science and Biotechnology Journals” Print : ISSN 1752- 3389, Editor in chief : Jaime A. Teixeira da Silva, Kagawa University Jepang, menyatakan hasil penelitian bahwa Ekstrak Bawang Putih Hitam (Allium sativum)   kaya akan S-alil-L-sistein (SAC) dan mampu meningkatkan imunitas seluler untuk mendongkrak aktivitas NK (natural killer) yang memainkan peran penting dalam pemberantasan sel tumor.

Kesimpulannya,setelah difermentasi bawang putih hitam memiliki efek kesehatan yang lebih baik daripada bawang putih biasa. Terutama antioksidannya meningkat 2x dari bawang putih biasa.
Proses fermentasi juga membuat protein yang terkandung dalam bawang putih biasa terurai menjadi asam amino, karbohidratnya terurai menjadi fruktosa dan elemen nutrisinya meningkat dua kali.
Walaupun difermentasi, kandungan aliin dalam Bawang Putih Hitam masih tetap terjaga dengan baik, karena kulit bawang putih tidak dikelupas saat proses fermentasi.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari Bawang Putih Hitam adalah :

Anti kanker,  menstabilkan gula darah, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, antibakteri, antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh  dan anti penuaan.

Bawang Putih Hitam  terasa lezat seperti buah jelly yang manis sedikit asam, tidak berbau spesifik seperti bawang putih segar dan tidak menimbulkan iritasi pada usus dan lambung.

 Di Korea, bawang putih hitam dikenal sebagai produk kesehatan dan sebagai makanan tambahan (jajanan/cemilan)  yang kaya akan antioksidan.

Di Thailand, bawang putih hitam diklaim untuk meningkatkan umur panjang konsumen.
Tahun 2008 Amerika Serikat mulai memproduksi bawang putih hitam dan banyak restoran terkenal di sana yang memakai Bawang Putih Hitam sebagai Bahan Masakan dan Menu Salad.

jika penderita DIABETES DENGAN KADAR GULA TINGGI MEMAKAN SETENGAH BONGGOL BLACK GARLIC TUNGGU 10 MENIT GULA DARAH BISA TURUN HINGGA 70-100 , BISA DI BUKTIKAN !!!!

Bawang putih hitam (Black Garlic) diperkenalkan sebagai produk kesehatan di Korea dalam legenda Tao. Meskipun tidak ada yang menjamin kalau Bawang putih hitam bisa memberikan hidup yang abadi, namun warga korea percaya dan meyakini bahwa bumbu satu ini bisa memberikan umur yang panjang.

Bawang putih hitam dibuat dari bawang putih yang telah difermentasi pada suhu yang tinggi minimal 40 hari. Teknik ini pun sudah digunakan selama ribuan tahun oleh warga korea.

Rempah antivampir ini sangat lekat hubungannya dengan dapur. Aromanya wangi, cita rasa yang khas membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Di samping itu, bawang putih juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Selain bawang putih biasa yang daging bonggolnya berwarna putih, ternyata ditemukan juga bawang putih yang hitam. Memang sedikit meninggalkan tanda tanya, bawang putih, kok bisa berwarna hitam? Tapi, bawang putih hitam ini juga berasal dari bawang putih. Hanya saja bawang putih ini telah mengalami fermentasi sehingga bagian dalamnya berwarna hitam pekat dengan kulit luar berwarna putih kecokelatan seperti hal nya bawang putih biasa.
Dibutuhkan waktu 1 bulan untuk membuatnya menjadi hitam. Saat dicicipi mentah terdeteksi cita rasa yang lebih manis dan tidak meninggalkan rasa pedas di mulut. Karena itu, bawang putih hitam ini pun lebih fleksibel dan cocok dikombinasikan dengan makanan apapun, termasuk sebagai salad.

Meski tampilannya tidak menarik, bawang ini memiliki kandungan khasiat yang tidak kalah dengan bawang putih reguler. Mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih mentah, dan memiliki S-Allycyteine, senyawa alami yang terbukti untuk dapat mencegah kanker.


Cara pembuatan bawang hitam
Cara pembuatan bawang hitam sangat menyita waktu, waktu tersebut adalah 90 hari. Terjadinya proses hasil fermentasi ini, bisa disingkat, menjadi 40 hari, tetapi hasilnya sangatlah berbeda dengan proses pada waktu 90 hari. Cara fermentasinya adalah dengan memasukkan kedalam mangkuk berbahan plastik dan menutupinya dengan palstik alumunium foil, kemudian letakkan mangkuk kedalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 25-30 derajat selsius, selama 40 hari- 90 hari. Kita harus melalukan pengecekan 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah timbulnya perubahan suhu pada oven tersebut.


Cara membuat black garlic 

Cara 1: 

  • Pilihlah bawang putih yang masih segar dan baru dengan siung bawang yang saling menempel satu sama lain dan tidak pecah pecah. Pastikan tidak ada bawang yang busuk atau berjamur. Kelembaban bawang yang dianjurkan adalah 70%.
  • Cuci bawang dengan kulit kulitnya, lalu keringkan bawang selama 6 jam atau lebih sampai betul betul tidak ada lagi air yang menempel. Periksa apakah bawang sudah betul betul bersih dan kering.
  • Simpan bawang putih ke dalam rice cooker, slow cooker, food warmer, fermenting box untuk menjalani proses pemanasan.
  • Dalam kotak fermentasi, atur suhu untuk 50-60 derajat celsius. Atur juga kelembaban 60-80% selama 10 jam. Setelah 10 jam pertama ubah suhu menjadi 71 derajat celsius dan kelembaban 90% selama 30 jam. Setelah 30 jam, atur suhu menjadi 80 derajat celsius dengan kelembaban 95% selama 200 jam. Pada 200 jam terakhir, black garlic selesai diproses.

Cara 2: 

Cara lain membuat black garlic adalah dengan menyimpan bawang putih yang siap diolah dalam toples tertutup yang diletakkan di dalam wadah tertutup rapat yang sudah dilengkapi dengan pemanas yang terbuat dari lampu pijar, atau benda pemanas lainnya.
 Sebagai kontrol kita bisa memasang sensor pemanas yang dilengkapi dengan tombol otomatis untuk menjaga agar suhu tetap stabil. Seluruh wadah dan sensor ini dapat kita masukkan ke dalam wadah yang lebih besar yang berfungsi sebagai kotak penyimpanan yang mudah dibawa dan dapat berfungsi sebagai insulator.

Cara ini yang sudah pernah dilakukan di rumah dan menghasilkan bawang putih hitam dalam waktu 2 minggu. Jumlah bawang yang dihasilkan tergantung dari kapasitas kotak yang akan dipakai. Cara seperti ini bisa menghasilkan black garlic dengan tekstur yang bervariasi, padat cenderung kering atau lembut dan agak basah. Keduanya dapat digunakan sesuai kebutuhan. Black garlic yang padat dan kering dapat digunakan sebagai bumbu tabur, sementara black garlic yang basah dapat digunakan sebagai bahan masak yang ditumbuk atau sebagai kudapan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan cara ke 2 adalah:
  • Kita harus mempertimbangkan faktor keamanan dari alat alat  yang bekerja, terutama alat pemanas agar tidak terjadi overheat atau korslet yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  • Penggunaan kontainer yang tidak mudah terbakar dapat meningkatkan faktor keamanan. Kita bisa menggunakan panci bekas sebagai wadah yang berisi pemanas dan bawang putih. 
  • Kotak luar sebagai tempat penyimpan wadah yang sudah berisi bawang dan pemanas dapat juga diisi dngan benda insulator agar panas yang dihasilkan tidak ada yang terbuang.

  • Bawang putih yang diletakkan pada toples tertutup akan mengandung air yang dihasilkan dari uap akibat pemanasan.  Keluarkan air di dalam toples tertutup untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan jamur, juga agar bawang tetap kering.