terhindar dari yang namanya Perceraian.

ambasurga - Salah seorang kawan menanyakan kepada saya untuk berbagi resep agar pernikahan kita sakinah, mawadah, warahmah dan terhindar dari yang namanya Perceraian.



Saya jawab : “TERBUKA“

Kawan saya itupun terbengong, sembari berkata “maksud loe?”

“Ya Terbuka dengan pasangan kita dalam berbagai hal, Insya Allah pernikahan kita semakin Sakinah, Mawadah, Warahmah dan terhindar dari yang namanya hantu perceraian”.


Sumber : google.co.id
Masih belum puas dengan jawabanku tersebut, kawan saya kemudian meminta saya untuk menguraikan lebih rinci TERBUKA bagaimana yang dimaksud.

Ok, nanti saya tulis. Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya coba akan berbagi makna TERBUKA yang saya maksud.

Ada 4 hal yang menurut saya harus TERBUKA dalam sebuah rumah tangga:

1. Terbuka Latar Belakang Keluarga Kita
2. Terbuka hal-hal yang kita sukai dan yang kita benci.
3. Terbuka tentang Keuangan
4. Terbuka semua permasalahan yang sedang dihadapi
Mari saya bahas satu-satu:

1. Tebuka Latar Belakang Keluarga Kita

Tidak sedikit suasana tentram keluarga terganggu akibat pasangan kita merasa dibohongi tentang kondisi keluarga kita. Keluarga disini adalah keluarga besar yang mencakup ayah,ibu, adik atau kakak kita.

Ada banyak pertanyaan yang terkadang menjadi awal sebuah pertengkaran ketika pasangan kita merasa kaget mengetahui kondisi keluarga pasanganya setelah menikah dan itu berasal dari orang lain.

Terbukalah, jangan ditutup-tutupi kondisi keluarga kita.
Misal : jika ayah dan ibu kita bercerai, ceritakan saja kondisi sebenarnya, tanpa harus berbohong.

2. Terbuka hal-hal yang kita sukai dan yang kita benci.

Sesuatu yang sangat berpotensi menimbulkan keributan dalam sebuah rumah tangga adalah soal hoby maunpun sesuatu yang dibenci.

Bisa jadi hal yang kita sukai


merupakan hal yang dibenci oleh pasangan kita atau sebaliknya. Alangkah baiknya mengkomunikasikan sejak awal penikahan. Atau bisa disampaikan ketika proses Ta’aruf.

Setelah menyampaikanya, barulah kemudian mencari solusinya.
Misal : seorang suami kalau tidur biasa lampu terang,