Membuat Judul Artikel Mengikat Minat Pembaca

Sebenarnya dalam membuat judul yang pertama dipikirkan adalah judul harus menarik atau judul artikel anda harus memancing para pembaca, itu salah kawan – kawan. Mengapa bisa salah kawan – kawan? Kembali lagi jika saya bertanya kepada anda selaku publisher blogger pemula sama seperti saya, saya akan bertanya mengenai bagaimana cara mengatasi jika judul artikel anda sudah menarik namun si pembaca tidak puas dan barangkali artikel anda hanya seperempatnya yang dibaca? Itu menyakitkan sekali apa lagi judul artikel anda jika tergolong memancing atau menipu sahabat blogger lainnya contoh 12 tips ini atau itu padahal isinya cuman 6 tips itu pasti menipu atau memancing namun seiring berjalannya waktu si pembaca yang serius itu akan mengabaikan blog anda. Catatan tips dari saya sebelum membuat judul artikel pastikan artikel anda mampu membuat pembaca artikel anda puas dengan apa yang di dapatkannya dalam artikel anda.
Pada tips blogger saya ulas kali ini tidak hanya dapat di terapkan pada judul artikel, namun anda juga bisa menerapkan di seluruh judul konten apa saja, contoh judul konten video misal kalian ngvlog atau judul konten sebuah audio atau bahkan judul konten yang lainnya. Simak saja yuk bagaimana sih 10 tips membuat artikel yang baik dan menarik minat pembaca di berikut ini.

Tips Membuat Judul Artikel Blog

1. Waspadai salah satu tindakan kesalahan yang sering dilakukan

Judul dan topik menurut anda apakah mereka sama atau beda? Secara ilmiah, judul dan topik itu berbeda bahkan anak masih sekolah dasar mengetahui hal ini. Banyak yang menyepelakan hal ini antara judul dan topik. Hal ini adalah kesalahan kawan – kawan, kesalahan inti topiknya menjadi judul konten. Untuk lebih detailnya anda bisa lihat perbedaan judul dan topik di bawah ini.
Ini topik:
  1. Cara menghilangkan sakit kepala
  2. Tips wawancara
  3. Panduan bermain piano
  4. Aplikasi untuk meningkatkan produktivitas
Diatas tersebut adalah topik kawan – kawan pastinya anda sudah pernah melihat orang atau blogger membuat judul artikel seperti diatas. Pada dasarnya topik artikel tidak pantas digunakan sebagai judul. Sedangkan Judul?
Yang ini contoh judul:
  1. Lakukan 4 hal ini dalam 30 menit sehari untuk menghilangkan sakit kepala
  2. 5 Tips wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan impianmu
  3. Panduan bermain piano untuk pemula sampai jadi mahir dalam 30 hari
  4. Tingkatkan produktivitas kerja anda di kantor dengan 5 aplikasi android ini
Apa perbedaannya yang anda temui dari judul dan topik di atas tadi? jelas beda bukan kawan – kawan, disini bukanlah kepanjangannya yang menjadi sebuah perbedaan namun judul artikel ini mempunyai nilai tambah yang membuat artikel anda menarik untuk dibaca.

2. Mereka Menginginkan Manfaat artikel anda, berikan dengan cara ini

Manfaat artikel, pastinya penting banget ya kawan – kawan. Para pembaca atau pengunjung rela membaca artikel anda atau membuang waktunya untuk membaca artikel anda. Pernahkah anda berpikir bahwa membaca artikel membutuhkan waktu 5 menit atau bahkan lebih? jika anda pernah membaca artikel dari blog lain, mungkin anda akan mengerti. Membuang waktu 5 menit berharga demi membaca sebuah artikel, kenapa? karena kita sang pembaca ingin mendapatkan manfaat yang ada dalam artikel anda. Dan biasanya mereka rela membuang – buang waktu untuk mendapatkan sebuah informasi seperti koran mungkin, mendapatkan solusi untuk permasalah yang ditemui oleh pembaca, menambah ilmu pengetahuan pembaca dan manfaat lainnya.
Oleh karena itu kawan – kawan tips kedua ini buatlah judul yang sebaiknya langsung menjelaskan ke arah manfaat dimana manfaat ini akan ditemukan oleh sang pembaca. Dengan menggunakan cara ini kemungkinan besar mereka akan tertarik membaca artikel anda. Di bawah ini ada 2 permisalan mengenai judul artikel simak baik – baik.
Misalkan ada 2 artikel dengan judul yang sangat mirip:
  • Tips presentasi yang baik
  • Tips presentasi untuk membuat penonton terkesima
Kalimat pertama pada 2 artikel judul yang sangat mirip diatas ini “yang baik” kata yang baik sudah jelas kata yang abstrak tidak jelas apa yang akan di dapatkan oleh pembaca. Tetapi kalimat kedua sangat jelas sekali manfaat yang di dapat oleh pembaca. Mengapa bisa begitu? Karena jika orang mencari tips presentasi tentunya orang ini ingin bisa membuat penonton terkesima. Maka judul kedua dapat menjadi terbaik untuk mereka.

3. Gunakan Angka, Tetapi bukan sembarangan angka

Judul yang baik adalah judul yang spesifik. Apa yang kita berikan ke pembaca, apa yang mereka dapatkan setelah membaca dan berapa lama agar si pembaca menerapakan apa yang di dapatkan itulah judul yang spesifik. Penggunaan angka di dalam sebuah judul sudah lumrah menggunakannya agar artikel terlihat lebih menarik
terdapat 3 judul yang menggunakan angka diantaranya 10 tip make up secantik supermodel, 8 resep pilihan pedas berbumbu nias, 5 aplikasi sehat 2014. Penggunaan angka pada judul artikel mampu meningkatkan minat pembaca.
Agar judul artikel anda lebih menonjol daripada artikel lainnya, ada beberapa macam jenis variasi angka di judul artikel yang anda bisa gunakan. Berikut ini contohnya:
  • Angka di tengah: Teknik link building – 5 strategi yang bisa anda lakukan sekarang juga
  • Pertanyaan: 10 resep soto ayam paling nikmat di Indonesia – yang mana favorit anda?
  • Langkah-langkah: 7 langkah membuat presentasi yang mampu memukau penonton
  • Super lengkap: 54 alasan mengapa anda belum juga sukses

4. Bangkitkan perasaan dengan tips psikologi

Jika anda bingung menerapkan tips di atas maka gunakanlah, judul artikel yang mampu membangkitkan perasaan. Berikut ini contoh judul yang mampu membangkitkan dan meningkatkan perasaan tepat. Dengan menggunakan contoh di bawah ini tidak bertutup kemungkinan artikel anda akan dishare 10 kali lipat di media sosial.
Apa saja judul artikel membangkitkan perasaan yang dimaksud:
  1. Terkejut/heran/tidak percaya
  2. Bertanya-tanya/ingin tahu/penasaran
  3. Galau/gundah gulana/khawatir
  4. Yakin/pasti/tepat
  5. Empati
Diatas ada 5 contoh perasaan mampu menarik dan memikat orang lain dengan artikel anda.

5. Apa cara terbaik untuk membuat pembaca merasa terlibat?

Cara terbaik untuk membuat pembaca merasa terlibat dengan membuat judul artikel mengajukan pertanyaan. Ketika anda membuat sebuah judul artikel dan menghadapkan pertanyaan ke pembaca, maka secara tidak sengaja mereka akan mulai membayangkan situasi tersebut di kepala mereka. Setelah itu perhatian pembaca akan mulai tertangkap.
Ada 2 efek menggunakan pertanyaan dalam judul:
  1. Membangun rasa penasaran
  2. Menciptakan rasa kepastian bahwa masalah mereka akan terjawab
Secara tidak langsung 2 efek judul artikel menggunakan pertanyaan memunculkan kebangkitan perasaan para pembaca seperti apa yang dikatakan pada tips no 4. Beberapa contoh penggunaan judul artikel menjadi sebuah pertanyaan seperti berikut ini.
  1. Apakah komputer anda menunjukkan gejala terkena virus berikut ini?
  2. Blog anda masih juga sepi pengunjung? Mungkin 3 hal ini penyebabnya
  3. Apakah anda masih melakukan 10 teknik diet beresiko tinggi ini?
Nah itulah contoh bagaiamana cara membuat judul artikel dengan mengajukan sebuah pertanyaan, tetapi anda harus ingat jika semua artikel anda berjudul dengan mengajuka sebuah pertanyaan akan terlihat seperti blog aneh. Jadi gunakanlah di saat yang tepat.

6. Curi ide judul yang pasti sudah menjadi populer

Tips keenam ini adalah cara membuat judul artikel dengan cara mencuri ide judul artikel yang sudah menjadi populer. Dengan menggunakan metode ini anda akan lebih mudah dalam membuat judul yang pasti dan akan menjadi artikel anda populer. Eits tapi hati – hati kawan – kawan meskipun disini saya bilang mencuri anda tidak dianjurkan kok untuk always selalu mencuri, anda juga bisa membuat judul dengan kreativitas anda sendiri itu lebih baik.
Caranya sangat mudah sekali anda tinggal cari judul artikel yang anda inginkan lalu gunakan BuzzSumo anda tinggal copy paste judul artikel tersebut ke situs itu. Dengan bantuan tools gratis dari sebuah situs ini anda dapat menghasilkan judul artikel yang terbukti sudah populer. Tools ini menampilkan jumlah – jumlah judul artikel terbesar.

7. posisi yang strategis untuk menempatkan topik dalam judul

Judul artikel menarik minat pembaca judul = topik + kata hiasan. Misalnya saja “tips blogger pemula” anda bisa isi dengan kata hiasan di akhir contoh tips blogger pemula sampai bisa menjadi terkenal di google seperti itu misalnya. Disinilah letak posisi strategisnya hiasan boleh saja di berikan pada posisi depan/tengah/belakang namun saran saya hindari bagian posisi tengah. Dan paling dianjurkan gunakan posisi belakang. Dan yang paling penting dari membuat sebuah judul artikel yang menarik adalah struktur pembuatan judul yang enak dibaca.

8. Buat judul spesifik untuk 1 target pembaca

Setiap kali anda membuat artikel, pastinya anda harus mempunyai 1 target pembaca yang membutuhkan artikel anda. Misalkan artikel ini, target utama yang dicari adalah para penulis judul artikel. Untuk contoh membuat judul yang spesifik untuk 1 target pembaca bisa lihat di berikut ini.
Misalnya saja kita membuat sebuah judul artikel mengenai kumpulan smartphone terbaik. Inilah beberapa judul yang spesifik untuk mendapatkan 1 target pembaca tertentu.
  • 10 Smartphone terbaik dengan harga di bawah 5 jutaan
  • 10 Smartphone terbaik untuk anda yang suka selfie
  • 10 Smartphone terbaik dengan daya tahan baterai terlama
Satu lagi. untuk Artikel rekomendasi tempat wisata.
  • Bukan warga Indonesia sejati kalau kamu belum pernah ke 10 tujuan wisata ini
  • Panduan traveling ke Singapura dengan budget di bawah 2 juta
  • 10 Tujuan wisata romantis di Eropa untuk kamu dan dia.

9. Judul artikel mengait pada perjanjian, kemudahan, dan rasa nyaman

Judul artikel mengai pada pernjajian, kemudahan dan rasa nyaman. Bagaiamana cara membuatnya. anda hanya perlu membuat konten artikel sebaik mungkin dan memberikan solusi yang lebih mudah sehingga si pembaca merasa nyaman dengan artikel yang anda bagikan. Contoh judul artikel seperti di berikut ini.
Cara mebuat judul artikelnya, bisa dengan:
  1. Menjanjikan hal yang diinginkan tanpa hal yang dibenci
  2. Menjanjikan hal yang diinginkan dengan durasi spesifik
  3. Menjanjikan hal yang diinginkan dengan hasil spesifik
Contoh penggunaan mengaitkan janji, kemudahan dan kenyamanan:
  1. Tips sukses menjual produk tanpa harus bertatap muka dengan pembeli
  2. Strategi mengembangkan bisnis secara online dalam 30 hari
  3. Cara meningkatkan pendapatan bulanan hingga 72%
Dan yang lebih bagus lagi ketiga judul bisa di gabungkan menjadi 1 judul
  • Meningkatkan pengunjung website hingga 319% dalam 60 hari tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun
karena tips ini mudah diterapkan kalian bisa menerapkan tips no 9, apabila anda masih bingung menggunakan tips di no 2 hingga no 8.

10. Selalu buat minimal 5 judul untuk mengeluarkan kreativitas

Dan pada akhirnya dalam membuat judul artikel yang dibutuhkan paling utama adalah kreativitas. Semakin kreativitasnya anda semakin bagus juga pengalaman anda. Jika dilihat dari kreativitas pasti terkait dengan yang namanya pengalaman. Karena Pengalaman bisa memunculkan Kreativitas. Oleh karena itu buatlah sebanyak mungkin judul artikel anda. Nantinya anda bisa memilih judul artikel teresebut. Mungkin judul pertama kaku, judul kedua terlihat seperti biasa saja, judul ketiga membosankan sudah banyak yang memakai, judul keempat sudah mulai lumayan bagus dan judul kelima anda akan menemukan sensasi yang berbeda.


sumber : http://blidee.com/membuat-judul-artikel.html