Ular terbesar di dunia

Kamuiyakamu.com – Hai sob, kamu tahu gak ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan? Ular apakah itu dan berapa ukurannya?
Banyak orang mengira bahwa ular paling besar di dunia yang diketahui pernah hidup di bumi adalah anaconda. Padahal itu sama sekali tidak benar!
Karena faktanya, diketahui bahwa ular yang dinamakan “Titanoboa cerrejonensis” adalah ular purba terbesar yang pernah diketemukan fosilnya.
Titanoboa cerrejonensis artinya, “ular boa yang sangat kuat dari Cerrejon.” Cerrejon sendiri adalah nama daerah tempat fosil ular purba tersebut ditemukan.
Ular purba berukuran raksasa tersebut, yang kini sudah tak dapat ditemukan dalam keadaan hidup lagi alias sudah punah, gak bisa dibayangkan seandainya masih hidup sampai sekarang pasti akan sangat menakutkan bagi manusia.
Hingga saat ini Titanoboa masih dikenal sebagai ular terbesar yang pernah ditemukan fosilnya. Hidupnya di hutan hujan sekitar 60 juta tahun yang lalu dan diketahui memiliki panjang sekitar 42-45 kaki (12.8-13,7 meter) dan bobot tubuhnya sekitar 1,135 ton.
Titanoboa yang diketahui sebagai ular prasejarah terbesar yang pernah hidup di bumi, merupakan predator terbesar di daratan setelah dinosaurus mengalami kepunahan.
“Titanoboa adalah predator terbesar di darat setelah kepunahan dinasaurus selama 10 juta tahun. Ini mungkin predator utama di bumi setelah kepunahan dinosaurus,” kata Jonathan Blonch, ahli paleontologi dan kurator Museum Sejarah Alam di Florida, Amerika Serikat.
“Ia membentang panjang melebihi bus kota dan beratnya lebih dari sebuah mobil. Ular terbesar di dunia yang pernah ada dan diketahui,” lanjut Jonathan Blonch.
Pada 2012 lalu pernah dibuat replika ular titanoboa dengan ukuran 48 kaki dan 1.135 kg yang dipamerkan dalam Grand Central Terminal di New York City. Yang mana tujuan mempertontonkan replika ular raksasa tersebut adalah promosi untuk sebuah TV Show di the Smithsonian Channel. Berikut adalah penampakan replika ular terbesar tersebut :

Wah, gak terbayangkan ya jika di masa modern ini ular paling besar di dunia titanoboa masih hidup, soalnya ia adalah tipe predator dan infonya, cara berburunya lebih seperti buaya dengan cara berbaring dan merayap di dalam air atau darat lalu menyambar mangsanya secepat mungkin.
Dan mangsanya bukan hanya hewan berkulit lunak akan tetapi juga binatang berkulit keras seperti buaya dan kura-kura raksasa. Wah seram banget!
http://kamuiyakamu.com/berita-unik/ular-terbesar-di-dunia/