Agar mempunyai anak sholih/sholihah

al Mu'ammar Syeikh Maimun Zubair, anak murid kpd Sayyid ‘Alawi bin Abbas Al-Maliki, Syaikh Al-Imam Hasan Al-Masysyath, Sayyid Amin Al-Quthbi, dan seperguruan dengan Musnid Dunya Syeikh Muhammad Yaasin bin Muhamamd Isa al Fadani, pernah memberi khutbah nikah.

Nasihatnya, lelaki apabila mahu menikah carilah perempuan yg ahli ibadah supaya suaminya bekerja. Jangan cari yang bekerja tetapi suaminya pula yg beribadah.
Ketika kamu memilih istri, carilah wanita yang tidak terlalu tahu akan dunia. Karena kesolehan anakmu bergantung pada seberapa solehah ibunya.
Sayyiduna Abbas mempunyai istri yang tidak suka berhias, sampai membuatnya malu saat keluar dengan istrinya. Tapi beliau mempunyai anak yang sangat alim, yaitu Abdullah ibnu Abbas.
Sayyiduna Husain عليه السلام cucu Rasulullah punya isteri dari keturunan Raja Parsi. Walaupun berasal dari Puteri Raja, setelah menjadi istri Sayyiduna Husain عليه السلام menjadi wanita yang tidak mencintai dunia. Maka mempunyai anak Sayyiduna Ali Zainal Abidin bin Husain, paling alim dari keturunan Rasulullah Saw.
Para kyai dari Sarang Jawa Tengah bisa menjadi alim seperti itu karena nenek-nenek mereka suka berpuasa.
Syeikh Yasin Al Fadani ulama dari Padang yang tinggal di Makkah mempunyai istri yang pandai berdagang, dan punya dua anak. Salah satu anaknya menjadi ahli bangunan dan yang satunya lagi bekerja di bagian transportasi. Kedua anaknya tidak ada yang bisa meneruskan dakwahnya Syekh Yasin.
Di dalam Al-Qur'an disebutkan dalam sebuah ayat:
نِسَاؤُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ
"Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam." (QS. Al Baqarah : 223) Isteri itu ladang bagi suami. Seberapa bagusnya bibit ketika tanah atau ladangnya tidak bagus, maka tidak bisa menghasilkan hasil yang bagus pula.
Intinya,mampu mempunyai anak yang alim ketika isterinya tidak terlalu mengurusi dunia dan sangat taat atau patuh terhadap suaminya.
Ketika kamu lebih memilih istri yang mengurusi dunia, maka kamu yang harus berani riyadhoh (berdoa). Jika tidak berani riyadhoh, maka carilah istri yang suka berdzikir dan kamu yang memikirkan dunia atau kerja."
Di tempat kelahiran Syeikh Maimun Zubair,Serang, Jawa Tengah, kebanyakan perempuan2nya merupakan ahli ibadah maka lahirlah ramai ulama' ditangan2 wanita yg solehah.Kerana ibu yg paling banyak meluangkan masa dngan anak2 di rumah. Kesimpulannya boleh fikirkan sendiri.